Cara Tepat Gunakan Air Cooler

Fungsi dari air cooler sedikit berbeda dengan AC. Jika AC bertujuan untuk mendinginkan ruangan, air cooler bertujuan untuk melembabkan ruangan kamar Anda.

Air cooler dianggap sebagai solusi yang tepat dan lebih terjangkau dibanding AC. Beragam jenis air cooler dengan fitur unggulan pun makin marak dijual, salah satunya air cooler Sharp yang sudah dilengkapi dengan ice pack.

Namun, sama seperti alat elektronik lainnya, jika tidak digunakan dengan tepat tentu air cooler juga akan cepat rusak. Oleh sebab itu, agar tidak mudah rusak, lakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Jangan taruh air cooler dekat televisi atau kulkas

Air cooler dapat melembabkan udara dengan airnya yang ditiupkan ke udara, artinya logam dan barang eletronik seperti televisi atau kulkas yang ada di dekatnya rawan untuk rusak.

  1. Gunakanlah secara bijak

Seperti apapun jenis air cooler yang Anda miliki, pasti tidak bisa dinyalakan setiap hari selama 24 jam dalam seminggu. Anda harus memperhatikan lama waktu pemakaian. Maksimal pemakaian sendiri sebenarnya tergantung pada kadar es batu atau air dalam tabung tangki. Karena jika air cooler dipakai dalam keadaan tangki air kosong, air cooler Anda akan cepat panas dan berakibat pada umur produk yang pendek.

icecooler

  1. Bersihkan 2 bulan sekali

Air cooler juga harus dibersihkan paling tidak 2 bulan sekali dengan cara mengeringkan tangki air serta mencopot filter yang ada dalam alat ini. Filter ini bisa Anda cuci dengan menggunakan air bersih dan sabun.
Satu hal lagi, box penampung air dalam produk ini harus selalu di cek karena bisa jadi menjadi tempat nyamuk beranak pindak.

  1. Hindari meletakkan dalam ruangan tertutup

Sebaiknya hindari menggunakan Air cooler di ruangan tertutup sebab sesuai dengan fungsinya, air cooler akan menurunkan suhu udara dengan bantuan es batu atau air di dalamnya. Maka, ruangan Anda berisiko terkena jamuran atau timbul jamur di tembok atau lemari Anda.

Itulah cara yang benar memakai air cooler di rumah. Pengetahuan ini sangat penting bagi Anda yang hendak memebeli air cooler atau sudah memiliki air cooler.

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑