Tips Merawat TV LCD Agar Awet Bertahun-Tahun

Selain karena bentuk TV LCD yang lebih tipis orang memilih TV LCD karena banyak keunggulan lain yang ada pada TV ini untuk memberikan hiburan di rumah. TV LCD adalah jenis TV yang membutuhkan perawatan agar awet bertahun-tahun mengingat harga TV ini memiliki harga yang tidak murah.

TV LCD lebih rentan pada bagian layar. Guratan, sayatan, atau goresan pada layar dapat membuat penurunan kualitas gambar. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika mengangkat atau memindahkannya.

Selain hal itu, berikut ini adalah beberapa tips Merawat TV agar awet bertahun-tahun.

  1. Jauhkan dari tempat yang berdebu

Debu merupakan musuh utama TV LCD, debu yang menempel pada TV akan menyebabkan TV Anda mudah kotor. Debu juga bisa menyebabkan gangguan pada layar TV sehingga bisa menurunkan kualitas warna.

Tindakan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan ruangan dan peralatan elektronik. Jangan tunggu sampai debu menumpuk karena di TV Anda karena lama-lama debu juga bisa menyebabkan kerusakan elektrik.

Untuk membersihkan TV dari debu, Anda dapat menggunakan kain lembut dan cairan seperti untuk membersihkan kacamata atau pembersih layar LCD atau LED kusus.

Hindari menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada layar karena akan bisa membuat layar TV menjadi melembung.

  1. Penempatan

Dalam menempatkan TV LCD, ada beberapa hal yang menjadi perhatian. Pertama Anda perlu mengatur jarak antara TV dengan dinding di belakangnya.

Dengan cara ini, ada sisa ruang udara sehingga TV tidak menjadi cepat panas. Berikan ruang antara perangkat audio atau DVD dan juga dengan alat elektronik lain.

Benda-benda elektronik yang terlalu dekat dengan TV Anda bisa menyebabkan gangguan magnetic yang memengaruhi tampilan layar yang menyebabkan layar menjadi berwarna pelangi.

  1. Memilih Suhu Ruangan yang Pas

Sederhana tetapi sangat penting dan sering dilupakan adalah tentang memilih suhu dan kelembaban udara yang pas untuk TV. Usahakan agar suhu dan kelembaban udara ruangan senantiasa stabil. Namun, pemakaian produk elektronik berlebihan bisa meningkatkan suhu udara.

Cara mengatasinya adalah dengan menaruh pendingin ruangan, tetapi tetap jagalah kebersihan dalam ruangan.

Dengan perawatan yang baik, maka TV LCD Anda akan menjadi lebih awet bertahun-tahun.

4k-sharp-android-picture4

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑